Search this blog


Bermimpilah besar karena Rajamu besar...Anak Kerajaan tidak takut dengan kata orang, tetapi melekatkan hatinya pada Sang Raja...Bukan engkau yang hebat, tetapi Rajamu yang hebat

[DUPAWANGI] WISMA AMAL KASIH

Ytk. Para Sahabat
Melalui tulisan ini, saya bermaksud membagi visi kami. Saya bersama teman - teman, belajar melayani masyarakat pedesaan dengan membentuk yayasan Wisma Amal Kasih (WAK). Idenya sederhana saja bahwa kami ingin memberikan kontribusi yang berguna untuk masyarakat yang pada akhirnya dapat memuliakan nama Tuhan.
Pelayanan WAK sampai saat ini fokus di desa Puluhan, Kecamatan Sawangan, Magelang (desa yang terletak di lereng Gunung Merapi). Pelayanan sudah dimulai sejak tahun 2000 dengan program pertamanya adalah pemberian beasiswa utk SD dan SMP, proyek dana bergulir utk membantu pengadaan pupuk dan peralatan pertanian. Pd perkembangannya, proyek dana bergulir ini telah berkembang menjadi koperasi.
Saat ini yayasan sedang berusaha mewujudkan visi untuk mengembangkan pendidikan gratis yang berkualitas dan layanan kesehatan gratis. Mimpi yayasan adalah pada suatu saat nanti akan hadir satu institusi pendidikan gratis yg berkualitas dan terintegrasi (dari TK sampai Perguruan Tinggi) serta layanan kesehaan gratis yang gaungnya bisa terdengar secara nasional bahkan internasional. Kelihatannya visi ini adalah sesuatu yang sangat jauh di atas "langit". Namun kami percaya bahwa kekuatan iman dapat mewujudkan mimpi tersebut.

Sebagai langkah awal untuk mewujudkan visi tersebut, yayasan saat ini sedang mempersiapkan pendirian TK (Taman Kanak - Kanak) gratis. Targetnya, TK ini akan beroperasi pada awal tahun ajaran 2010. Langkah - langkah yang telah dan akan dilakukan adalah :
1. Yayasan telah memiliki tanah untuk pendirian TK
2. Yayasan telah menerima bantuan alat peraga TK sebanyak 6 koli dari PT. Intan Pariwara
3. Yayasan sedang menjajaki untuk mengajukan bantuan pendirian gedung ke salah seorang donatur yang memiliki beban untuk mendirikan TK di desa - desa.
4. Yayasan secara paralel sejak minggu lalu (dibantu bpk Pdt. Markus) mencari tenaga pengajar yang bersedia mengajar di TK tersebut dan mempelajari proses perijinan yang ada. Yayasan berkomitmen untuk memberikan gaji yang layak kepada pengajar dengan pertimbangan bhw yayasan ingin mendapatkan pengajar yang berkualitas.
5. Yayasan saat ini sedang mempersiapkan proposal yang komprehensive yang nantinya akan kami bagikan kepada siapapun yang merasa ikut terbeban. Proposal ini sedang dipersiapkan oleh sahabat kita, Krisna dan Didik.
Dalam mewujudkan visi tersebut, tentu saja dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Adapun sumber dana yang akan digali oleh yayasan adalah :
1. Janji Iman dari para pengurus Yayasan dan Para Sahabat
2. Donatur
3. Program "Usaha Mandiri"
Khusus program "Usaha Mandiri", latar belakangnya adl bhw yayasan berusaha mandiri dalam pendanaan sekaligus membantu pengembangan perekonomian di desa puluhan. Dari survey yang kami lakukan, yayasan akan membangun usaha mandiri di bidang peternakan sapi perah. Sebagai langkah awal, yayasan bersama penduduk desa puluhan (Jemaat GPdI) akan membentuk kelompok tani yang akan memulai pengembangan sapi perah. Keuntungan dari usaha mandiri ini akan dibagi untuk yayasan WAK dalam pengembangan pendiidikan dan kesehatan gratis, untuk anggota kelompok tani dan jemaat GPdI Puluhan serta untuk mereka yang turut menyertakan modal (skema profit sharing). Hal - hal yang telah dan akan dilakukan adalah :
1. Sgb langkah awal, Pdt. Markus bersedia meminjamkan sebidang tanahnya untuk digunakan dalam menanam rumput gajah (makanan utama sapi perah).
2. Dipersiapkan orang - orang yang akan menjadi anggota kelompok tani.
3. Sedang diusahakan sebagai modal awal adalah 1 (satu) ekor sapi perah yang sudah produktif dengan kisaran harga 15 juta rupiah.
4. Yayasan saat ini sedang mempersiapkan proposal untuk usaha mandiri ini. Pembuatan proposal ini menjadi tanggung jawab sahabat kita, Pestaman Siagian.
Sehubungan dengan hal di atas, kami mohon dukungan sahabat untuk membantu dalam doa, perihal di bawah ini :
1. Terwujudnya TK gratis sebelum tahun ajaran 2010 dimulai.
2. Terwujudnya program "Usaha Mandiri" sesegera mungkin.
3. Tuhan mengirimkan semakin banyak orang - orang yang mau terlibat secara aktif maupun pasif untuk mewujudkan visi ini.
Sahabat,.......!
Aku membagi visi ini dengan harapan para sahabat dapat ikut berpartisipasi. Partisipasi yang dapat sahabat berikan, antara lain dengan cara ikut mendoakan, atau ikut memberikan tenaga dan pikirannya dgn bergabung di yayasan WAK, atau ikut membantu secara aktif dalam mewujudkan visi ini melalui keunggulan kompetensi yang sahabat miliki - apapun bentuknya. Sahabat cukup mengambil satu pilihan saja dari tiga pilihan partisipasi di atas, dan hal itu pasti akan sangat membantu kami dalam mewujudkan visi ini.
Sahabat, ......!
Apapun bentuk dukunganmu, kami yakin hal itu akan dapat membantu kita untuk mewujudkan visi ini.
Sahabat,.....!
Kami berdoa, apapun aktifitasmu dan keinginanmu, kiranya berkat Tuhan menyertaimu. Jika sahabat memerlukan penjelasan lebih lanjut dan ingin berkomunikasi dengan kami di yayasan, dapat menghubungi saya di 08111874391 atau email pestaman_siagian@yahoo.com

0 komentar:

Posting Komentar