Search this blog


Bermimpilah besar karena Rajamu besar...Anak Kerajaan tidak takut dengan kata orang, tetapi melekatkan hatinya pada Sang Raja...Bukan engkau yang hebat, tetapi Rajamu yang hebat

10 Tips Pemberi Inspirasi dalam Bekerja

Setiap orang membutuhkan inspirasi untuk membangun diri dan juga membangkitkan semangat dalam menjalani hidup dan melakukan segala sesuatu. Termasuk dalam bekerja dan berkompetisi dalam segala hal. Ada beberapa kata-kata inspirasi yang memiliki kekuatan dan akan membangun keberanian Anda. Kata-kata inspirasi ini akan menjadi penghubung antara Anda, ucapan dan tindakan Anda. Cobalah untuk memilih atau menemukan kata-kata inspurasi yang mampu membangkitkan diri Anda ketika tengah membutuhkan ‘tenaga ekstra' dalam menghadapi suatu masalah. Berikut ini 10 tips kata-kata inspirasional yang mampu memotivasi diri Anda:


1. "Dia Bisa, Apalagi Saya." Terdengar seperti kata-kata inspirasional biasa. Padahal kalimat ini kalau diucapkan terus-menerus, terutama di saat sedang tidak percaya diri akan menguatkan Anda. Ucapkan kalimat ini sambil melirik orang yang Anda (diam-diam) kagumi prestasinya. Jangan melirik orang yang sangat luar biasa, karena hati kecil Anda akan menolak. Memandang orang lain secara setara, akan membuat And diliputi perasaan terbebas dari inferioritas.

2. "Sabar... Orang Sabar Disayang Tuhan." Setiap orang selalu berhadapan dengan masalah. Masalah bisa datang karena Anda atau berasal dari orang lain bahkan dari suatu ‘ketidakberuntungan'. Misalnya, ketika Anda akan ke kantor, ban motor Anda bocor di jalan, kemudian sebelum sampai kantor hujan turun dengan derasnya, sesampainya di kantor atasan marah-marah tidak mau tahu masalah yang Anda hadapi, bertemu dengan rekan kerja yang tidak munyukai Anda, merupakan sebagian kecil masalah yang mungkin pernah Anda hadapi. Jangan cepat BT dan menganggap diri Anda selalu tidak beruntung, karena hal ini akan menyebabkan Anda menjadi suram, namun katakan pada diri Anda bahwa "Ini hanya sekedar ujian kesabaran dari Tuhan." Jadi kuncinya adalah "Sabar...Orang Sabar disayang Tuhan, masih untung saya bisa selamat sampai di rumah, dan bersenang-senang dengan keluarga kembali"

3. "Fake it 'till you make it." Jika Anda ingin menjadi supervisor atau manager, bersikaplah seperti itu, walaupun Anda belum menduduki posisi tersebut. Kondisikan diri Anda bahwa suatu ketika nanti, Anda akan berada di situ. Rasakan denyut tanggung jawabnya, aliran pekerjaannya, lengkap dengan suasana yang menyertai. Begitu Anda percaya bahwa Anda akan mendapatkannya, maka seluruh energi lingkungan Anda akan mendukung. Dan tanpa Anda 'sadari', keinginan itu bukan sekedar mimpi.

4. "Hari ini Hidupku Harus Berharga dan Berguna. Tidak Perlu Menunggu Orang Lain Membuatnya Berharga Untukku." Orang sering lupa bahwa setiap detik hidup adalah waktu yang tidak kembali. Oleh karenanya, harganya sangat mahal. Anda bisa membuat hari Anda indah, berharga, bersama orang-orang yang tidak menyenangkan sekalipun. Jangan tunggu ‘kebaikan hati' orang lain yang membuat hari Anda indah. Mana ada sih dunia yang isinya orang-orang yang asyik semua, pekerjaan yang menyenangkan semua? Tapi itu bisa terjadi kalau Anda mengusahakannya.

5. "I Deserve Better." Satu-satunya orang yang bisa membuat diri Anda nyaman adalah Anda sendiri. Pikiran Anda. Perlakukan diri Anda dengan baik. Yakinlah bahwa Anda punya kemampuan, Anda adalah orang yang menyenangkan dan Anda pun bisa stylish dan menarik! Lakukan sesuatu dan percayalah, Anda bisa lebih dari bayangan Anda saat ini.

6. "Tenang... Semua Memang Membutuhkan Proses." Ketika Anda tengah mencari pekerjaan, Anda akan berhadapan dengan suatu masalah yang Anda sendiri tidak akan pernah tahu kapan akan berakhir (sebagai seorang pengangguran). Anda mungkin sudah mengeluarkan segenap daya dan upaya untuk mencari pekerjaan, mulai berlangganan Harian Kompas untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan, mengirimkan beratus-ratus surat lamaran ataupun keluar-masuk perusahaan untuk interview, namun hasilnya nihil. Katakan pada diri Anda bahwa segala sesuatu memang membutuhkan proses. Siapa tahu jalan yang saat ini Anda tempuh merupakan bagian dari pembelajaran menuju tujuan Anda. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang tengah merintis usaha atau mengembangkan karir. Semua hitungan, berapapun itu, selalu bermula dari angka 1!

7. "Rasa Takut Tidak Menyelesaikan Masalah." Siapa pun punya rasa takut. Terutama ketika menghadapi sesuatu atau masalah yang tidak Anda pahami. Masalah itu akan terlihat begitu besar! Padahal setakut atau segentar apa pun Anda, masalah itu akan tetap ada di situ dan tidak akan selesai jika tidak dihadapi. Biarkan jantung berdegup kencang, namun langkah kaki jangan terhalang.

8. "Lakukan Hari Ini, Selesaikan Hari Ini, Nikmati Hari Ini." Pekerjaan di depan mata kelihatannya mudah. Hanya menyusun data, misalnya. tapi kalau tidak dikerjakan sekarang, maka besok pun pekerjaan gampang itu masih berupa onggokan persoalan. Dan tahukah Anda semakin Anda menunda, maka semakin tinggi tingkat stres Anda? Jadi, kenapa harus menunda?

9. "Jangan Menyerah Walau Kalah." Anda sudah mencobanya sekali dan tidak berhasil mengatasinya. Setiap kali Anda melakukan hal itu, pasti ujungnya tidak berhasil. Begitu ketemu masalah yang sama, Anda jangan mundur dulu, jangan pernah menyerah walau (pernah berkali-kali) kalah. Lihat lagi, apakah Anda melakukan kesalahan yang sama? Apakah Anda melihat persoalan itu dengan cara yang sama? Apakah Anda merasa tidak mampu di bagian yang sama? Jika ‘ya', berarti Anda belum belajar dari kesalahan. Ubah cara pandang Anda dan bersiaplah untuk menang!

10. "Perubahan Akan Membuatku Kaya." Jangan marah atau gentar dulu kalau ada perubahan cukup besar di kantor. Kemajuan memang selalu melahirkan perubahan dan kemapanan baru. Jadi, percaya saja bahwa setiap perubahan akan melahirkan kemapanan (dan kenyamanan) baru. Selain itu, perubahan juga membuat Anda menjadi lebih kaya. Paling tidak, Anda kaya akan pengalaman, baik dari sisi teknis maupun emosional. Ucapkan kata-kata inspirasional ini, terutama saat perubahan itu membuat Anda ingin menangis dan keluar dari kantor.

Selain 10 tips di atas, ada ribuan tips lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan mudah, yaitu dengan membaca firman Tuhan. Renungkanlah kitab Mazmur dan Amsal berulang-ulang, maka kata-kata hikmat yang daripada Allah akan mengalir di dalam hidup Anda dengan tuntunan Roh Kudus.


0 komentar:

Posting Komentar